Efektivitas model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo terhadap prokrastinasi akademik dan kemampuan berpikir reflektif
Qadafi, Mu'ammar Rahma (2020) Efektivitas model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo terhadap prokrastinasi akademik dan kemampuan berpikir reflektif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1503056074_Mu'ammar Rahma Qadafi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo terhadap prokrastinasi akademik dan kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VIII pada materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini mempergunakan true-experimental design dengan pretest-posttest control design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mempergunakan tiga metode: wawancara, tes, dan angket. Analisis statistika yang digunakan yakni uji paired sample t-test, uji N-Gain, dan uji independent sample t-test. Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis mempergunakan teknik analisis parametrik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis prokrastinasi akademik mempergunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung = 2,071 dan t_tabel = 1,697. Sebab t_hitung > t_tabel berarti prokrastinasi akademik kelas eksperimen usai diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo lebih rendah dibanding sebelum diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket prokrastinasi akademik kelas eksperimen usai diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo memperoleh nilai rata-rata 29,000, sementara sebelum diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo memperoleh nilai rata-rata 34,968. Melalui uji N-Gain didapati penurunan rata-rata dengan nilai gain sebesar -0,113 yang tergolong dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo berpengaruh meski tidak signifikan dalam mengurangi kecenderungan prokrastinasi akademik. Sedangkan uji hipotesis kemampuan berpikir reflektif mempergunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung = 4,306 dan t_tabel = 1,670. Sebab t_hitung > t_tabel, berarti kemampuan berpikir reflektif siswa pada kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo lebih baik dibanding siswa yang mempergunakan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test kemampuan berpikir reflektif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 12,484, sementara kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 10,750. Jadi, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran e-learning berbantuan Edmodo berpengaruh meski tidak signifikan dalam mengurangi kecenderungan prokrastinasi akademik, tetapi di sisi lain dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; E-Learning; Media pembelajaran; Edmodo; Prokrastinasi akademik; Kemampuan berpikir reflektif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Wayan Yulianto |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:24 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 02:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13550 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year