Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 4 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020
Furqon, Syifa’ul (2020) Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 4 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1503056082_Syifa'ul Furqon.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik SMP N 4 Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil observasi dengan menggunakan soal tes kemampuan literasi level 2 dan 4 didapatkan hasil nilai rata-rata kelas yang dilakukan observasi hanya mencapai 61,1. Terdapat 83,9% peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IX A SMP N 4 Pemalang berdasarkan gaya belajar menurut David Kolb. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX A SMP 4 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 32 peserta didik. Dari kelas tersebut kemudian dipilih 12 responden secara acak berdasarkan gaya belajarnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Subjek Diverger Tinggi, Sedang dan Bawah mampu menyelesaikan permasalahan kemampuan literasi matematika level 2, 3 dan 5. Subjek Assimilator Atas mampu menyelesaikan permasalahan kemampuan literasi matematika level 2, 3, 4, 5 dan 6. Assimilator Tengah tuntas level 2, 3, 5 dan 6. Sedangkan Subjek Assimilator Bawah hanya tuntas pada level 2, 3, dan 5. Subjek Converger Atas mampu menyelesaikan kemampuan literasi matematika level 2, 3, 4, 5, dan 6. Subjek Converger Tengah tuntas pada level 2, 5 dan 6 kemudian kurang mampu pada level 3. Sedangkan Converger Bawah tuntas pada level 2 dan 3 kemudian kurang mampu pada level 4. Subjek Accomodator Atas mampu menyelesaikan permasalahan kemampuan literasi matematika level 3, 4, 5, dan 6 kemudian kurang mampu pada level 2. Accomodator Tengah tuntas pada level 2 dan 3. sedangkan Accomodator Bawah hanya mampu menyelesaikan soal level 2 dan kurang mampu menyelesaikan permasalahan literasi matematika level 3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | David Kolb; Gaya belajar; Literasi matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Wayan Yulianto |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 05:06 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 05:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13551 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year