Strategi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SDIT Permata Bunda Demak

Alif, Moch. Fachrizal (2021) Strategi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SDIT Permata Bunda Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_17030356077_MOCH. FACHRIZAL ALIF] Text (SKRIPSI_17030356077_MOCH. FACHRIZAL ALIF)
SKRIPSI_1703036077_MOCH._FACHRIZAL_ALIF.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya efektifitas pembelajaran di SDIT Permata Bunda membuat kepala sekolah berfikir menentukan strategi manajerial untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Permasalahan datang dari peserta didik, pendidik maupun sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan : (1) Mengapa pembelajaran di SDIT Permata Bunda perlu diefektifkan ? (2) Bagaimana strategi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SDIT Permata Bunda Demak ?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini kualitatif yaitu penelitian yang menekankan pada quality atau hal yang penting dari sifat suatu barang atau jasa. Data yang dihasilkan dinyatakan dalam hal yang sebenarnya atau sebagaimana adanya. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang di dalam terdapat usulan penelitian, proses, hipotesis, turun ke lapangan, analisis data, kesimpulan data, sampai dengan penulisnya menggunakan aspek-aspek non perhitungan, deskriptif, wawancara, serta diperoleh dari data yang alamiah.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Reduksi data dilakukan dengan cara merangkum dan menentukan hal-hal pokok sesuai dengan kebutuhan penelitian. Selanjutnya penyajian data, dalam penelitian ini penyajian data dilakukan dengan menguraikan segala sesuatu mengenai uraian permasalahan pembelajaran serta strategi manajerial kepala sekolah tersebut dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran secara substantif. Analisis data selanjutnya adalah pengambilan kesimpulan, dari data-data yang diperoleh serta analisis yang dilakukan diambil kesimpulan yang selanjutnya dijadikan hasil penelitian.
Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Triangulasi sumber peneliti menguji beberapa sumber berbeda untuk mengetahui kesamaan informasi dalam hal ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Walimurid. Triangulasi teknik penelitian ini adalah pengecekan data kemudian dibuktikan dengan dokumentasi dan dikuatkan dengan hasil observasi yang telah diperoleh peneliti. Sedangkan triangulasi waktu pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi atau teknik lain dalam waktu atau situasi berbeda. Cara ini memiliki potensi untuk meningkatkan akurasi, kepercayaan, kerincian serta kedalaman data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh hasil bahwa SDIT perlu mengefektifkan pembelajaran karena masih terdapat kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran di SDIT Permata Bunda yaitu : 1) Terdapat guru yang kurang profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. 2) Kondisi kemampuan intelektual peserta didik yang beragam sehingga menghambat proses pembelajaran. 3) Keterbatasan sarana prasarana pembelajaran mengambat berlangsungnya proses belajar mengajar.
Hasil penelitian adalah Strategi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas pembelajran di SDIT Permata Bunda Demak sebagai berikut : 1) Menfasilitasi guru-guru dengan pelatihan dengan nama kegiatan In House Training (IHT). 2) Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan intelektualnya. 3) Mengadakan media pembelajaran dengan berkoordinasi dengan guru, yayasan, dan walimurid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajerial; Efektifitas Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 Nov 2021 07:54
Last Modified: 06 Nov 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13627

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics