Konsep sabar dalam menangani anak usia dini: studi terhadap pemahaman guru di paud Anak Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang

Adriana, Laura Eka (2021) Konsep sabar dalam menangani anak usia dini: studi terhadap pemahaman guru di paud Anak Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704046022_Laura Eka Adriana_Skripsi lengkap.pdf] Text
1704046022_Laura Eka Adriana_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sabar merupakan menahan hati keinginan nafsu supaya agar tidak cepat marah, patah hati, dan tahan dalam menghadapi cobaan apapun yang sedang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tiga permasalahan yaitu : konsep sabar dalam menangani anak usia dini, aplikasi konsep sabar dalam menangani anak dini, dan faktor yang mendorong para guru untuk berperilaku sabar dalam menangani anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitian guru yang menangani anak usia dini di PAUD Anak Bangsa Kec Ungaran Timur Kab. Semarang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mencari data di lapangan adalah, metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan pemahaman konsep sabar guru dalam menangani anak usia dini di PAUD Anak Bangsa dalam menangani anak usia dini yaitu mampu mendampingi anak usia dini dalam berbagai sifat atau watak, mampu menjadi contoh atau model bagi anak didiknya, mampu menanamkan sifat sabar pada anak usia dini, mampu memberikan kasih sayang terhadap anak didik seperti anak sendiri. Bentuk bentuk pemahaman tersebut diaplikasikan dalam wujud penanganan anak usia dini sangat diperlukan dimana anak usia dini sangat memerlukan contoh sikap-sikap yang baik dalam kehidupan setiap harinya dengan berbicara yang halus dan lembut dalam berbagai situasi dan kondisi, lalu ketika anak menginginkan sesuatu guru tidak boleh langsung mewujudkannya dan menunda untuk memberikannya kepada anak, mengajar anak untuk bisa mengendalikan diri tidak gampang marah ketika ada sesuatu hal terjadi kepadanya dan anak mampu mengendalikan emosinya, tetap tenang berikan gambaran yang positif setelah masa tunggunya berakhir membantu anak mengenali apa yang dirasakannya buat bersama pojok tenang. Faktor-faktor yang dapat mendorong pemahaman konsep sabar seorang guru dalam menangani anak usia dini yaitu faktor usia, faktor pendidikan, faktor lingkungan, faktor tuntutan, faktor pengalaman, faktor agama, faktor niat atau kemauan dari dalam hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; Metode Pengajaran; Metode Pembelajaran; PAUD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Nov 2021 06:48
Last Modified: 13 Nov 2021 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics