Pengembangan ensiklopedia alat ukur fisika sebagai bahan ajar siswa SMA

Sunari, M. (2020) Pengembangan ensiklopedia alat ukur fisika sebagai bahan ajar siswa SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403066003_M.SUNARI_FULL SKRIPSI] Text (1403066003_M.SUNARI_FULL SKRIPSI)
1403066003_M.SUNARI_FULL SKRIPSI - Slow Hnd.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan alat-alat ukur fisika dapat berpengaruh pada hasil pembelajaran di laboratorium fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan ensiklopedia alat ukur fisika sebagai Bahan Ajar siswa dan untuk mengetahui kelayakan dari ensiklopedia alat ukur fisika yang digunakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model Pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation and Evaluation). Tahap (Analysis) analisis dilakukan dengan menggunakan jenis (Needs Assessment), analisis kebutuhan (Analisis Of Learner), analisis peserta didik dan (Task Analysis) analisis tugas. Tahap (Desaign) meliputi penyusunan tes acuan patokan, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan desain isi. Tahap (Development) meliputi penilaian validasi dari aspek materi, bahasa dan desain yang dilakukan oleh 2 dosen dan 1 guru fisika dengan masing-masing validator menilai keseluruhan kelayakan aspek yang ada. Hasil validasi didapatkan kelayakan ensiklopedia pada aspek materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa 85,5% dengan kategori sangat baik dan aspek desain sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Tahap (Implementation) implementasi dilakukan pada peserta didik SMA Islam Al Azhar 16 Semarang kelas X MIPA A yang bertujuan untuk mendapatkan respon peserta didik terhadap ensiklopedia. Hasil uji implementasi terbatas skala kecil didapatkan respon siswa sebesar 92,22% termasuk kategori sangat baik. Ensiklopedia alat ukur fisika sebagai bahan ajar siswa SMA layak untuk digunakan dan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Bahan ajar; Ensiklopedia; Alat ukur; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:33
Last Modified: 26 Nov 2021 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics