Model pembelajaran think, talk and write berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Boja pada materi pokok listrik arus searah

Sukmawijaya, Anjar (2020) Model pembelajaran think, talk and write berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Boja pada materi pokok listrik arus searah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403066006_Anjar Sukmawijaya_Skripsi Lengkap] Text (1403066006_Anjar Sukmawijaya_Skripsi Lengkap)
1403066006_Anjar_LENGKAP TUGAS AKHIR - Anjar Kuzan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think, Talk, and Write(TTW) berbantuan simulasi PhET. Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Boja cenderung pasif ketika mengikuti pembelajaran Fisika. Bagi mereka pelajaran fisika tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan adalah metode konvesional berupa ceramah dan praktikum di laboratorium IPA. Guru belum memiliki referensi untuk menerapkan variasi model pembelajaran yang memudahakan pemahaman tentang fisika. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW untuk merangsang pemikiran siswa untuk menjadi lebih aktif dalam mengkonstruk atau membangun pemahamannya secara mandiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control design dengan data pendukung berupa observasi. Hasil analisis posttest menggunakan uji t, diperoleh t_hitung = 2,049 sedangkan t_tabel = 1,66. Dari perhitungan tersebut , menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Selain itu, hasil N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan N-gain 0,69 dan 0,56 untuk kelas kontrol, dimana hasil kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Tingkat rata-rata presentase hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 80,2 % kelas eksperimen kriteria sangat baik dan 70% kelas kontrol kriteria sedang. H
al tersebut menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Think, Talk and Write berbantuan Simulasi PhET memiliki tingkat keefektivitasan lebih tinggi dari pada dengan menggunakan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think, Talk and Write (TTW); Simulasi PhET; Hasil belajar; Listrik; Arus searah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:36
Last Modified: 26 Nov 2021 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics