Pengembangan e-diagnostic test berbasis Android untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa kelas XI pada materi gerak melingkar

Wicaksana, Nanang Hermawan (2020) Pengembangan e-diagnostic test berbasis Android untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa kelas XI pada materi gerak melingkar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403066030_Nanang Hermawan Wicaksana_Skripsi Lengkap] Text (1403066030_Nanang Hermawan Wicaksana_Skripsi Lengkap)
1403066030_Nanang Hermawan Wicaksana_Lengkap tugas Akhir - Nanang Hermawan Wicaksana.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi e-diagnostic test untuk menentukan kelayakan e-diagnostic test yang digunakan dan mengungkap miskonsepsi siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa berdasarkan implementasi e-diagnostic test. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 16 Semarang. Aplikasi e-diagnostic yang dikembangkan adalah sistem tes yang bekerja secara online berbasis android. Sistem tersebut mencakup koreksi otomatis, sistem login untuk guru dan siswa, panduan pengerjaan, cek soal, dan fitur ganti soal. Hasil validasi oleh validator menunjukan aplikasi e-diagnostic test sangat layak dengan nilai sebesar 91,67% dan respon oleh siswa sebesar 80,57%. Hasil diagnosis menunjukan 51,32% siswa mengalami miskonseps. Miskonsepsi tertinggi terdapat pada konsep frekuensi sebesar 62,81% dan miskonsepsi terendah terdapat pada konsep percepatan sentripetal sebesar 48,81%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; E-diagnostic test; Miskonsepsi; Gerak melingkar; Aplikasi Android
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:39
Last Modified: 26 Nov 2021 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13826

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics