Pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran fisika berbasis keterampilan proses sains di Madrasah Aliyah Negeri Kota Semarang

Aulia, Firda (2020) Pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran fisika berbasis keterampilan proses sains di Madrasah Aliyah Negeri Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066004_Firda Aulia_Skripsi Lengkap] Text (1503066004_Firda Aulia_Skripsi Lengkap)
Pendidikan Fisika_1503066004_ Full Skripsi - Firda Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran fisika di SMA/MA yang tertuang didalam kerangka kurikulum 2013 yaitu menguasai konsep dan prinsip serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Prinsip tersebut dapat didukung dengan pemanfaatan sarana sekolah antara lain laboratorium melalui kegiatan praktikum, akan tetapi selama ini madrasah belum memanfaatkannya secara maksimal. Kurang maksimalnya penggunaan laboratorium sebagai penunjang sarana pembelajaran fisika menjadikan kurang optimalnya keterampilan proses sains (KPS) dalam pembelajaran bagi peserta didik. Berkaitan dengan pemanfaatan laboratorium yang efektif akan dapat meningkatkan keberhasilan kegiatan pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan, permasalahan, dan upaya dalam mengatasi permasalahan pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran fisika berbasis KPS di MAN se-Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjeknya penelitian ini adalah guru fisika, laboran, dan peserta didik jurusan MIPA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokmentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan laboratorium di MAN se-Kota Semarang meliputi tiga tahapan (persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan laboratorium) dalam pembelajaran fisika berbasis KPS, terlihat bahwa 76.13% MAN 1 Kota Semarang telah melaksanakan pemanfaatan laboratorium fisika dengan sangat baik dan 71.47% MAN 2 Kota Semarang telah melaksanakan pemanfaatan laboratorium fisika dengan baik walaupun belum maksimal dan masih ditemui beberapa kendala.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sarana pembelajaran; Laboratorium; Pembelajaran fisika; Keterampilan proses sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:03
Last Modified: 26 Nov 2021 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics