Pengaruh penggunaan modul berintegrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X materi usaha dan energi di MA Askhabul Kahfi Mijen Semarang

Hamidah, Siti Nur (2020) Pengaruh penggunaan modul berintegrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X materi usaha dan energi di MA Askhabul Kahfi Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066031_Siti Nur Hamidah_Skripsi Lengkap] Text (1503066031_Siti Nur Hamidah_Skripsi Lengkap)
1503066031_Siti Nur Hamidah_Full Skripsi - Siti Nur Hamidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul fisika berintegrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Askhabul Kahfi Mijen Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Fhitung > Ftabel (33,318 >5,53), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara penggunaan modul fisika berintegrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Uji regresi sederhana untuk pengaruh X dan Y didapatkan hasil perhitungan a=32,5929+0,72595X. Koefisien determinasinya r2=(0,725)2=0,5256. Artinya, pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 52% dan selebihnya 48% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran fisika; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:32
Last Modified: 26 Nov 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics