Pengembangan e-crossword puzzle sistem periodik unsur sebagai media pembelajaran pendamping dimasa pandemi Covid-19

Tyas, Novi Yunaning (2021) Pengembangan e-crossword puzzle sistem periodik unsur sebagai media pembelajaran pendamping dimasa pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076018_Novi_Yunaning_Tyas] Text (Skripsi_1708076018_Novi_Yunaning_Tyas)
Skripsi_1708076018_Novi_Yunaning_Tyas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi pada media pembelajaran yang digunakan di SMA Kalijogo Wates dimasa pandemi covid-19 belum maksimal dalam penggunaannya sehingga peserta didik merasa jenuh dan bosan dan menyebabkan peserta didik tidak turut aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran pendamping materi sistem periodik unsur dan menguji kualitas media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri atas tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Karakteristik dari media pembelajaran ini berupa media pembelajaran yang memuat materi sistem periodik unsur yang disajikan dalam bentuk video dan latihan soal yang dikemas dalam bentuk crossword puzzle. Penilaian kualitas media pembelajaran ini menggunakan validasi ahli materi dan ahli media serta tanggapan peserta didik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik dengan nilai persentase sebesar 90%. Sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan kategori Sangat Baik juga dengan nilai persentase sebesar 85%. Serta penilaian peserta didik sebesar 87% termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-crossword puzzle layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-crossword puzzle; Sistem periodik unsur; Media pembelajaran; Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:17
Last Modified: 20 Nov 2021 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics