Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di TK Himawari Perum BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang

Samoh, Suriya (2020) Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di TK Himawari Perum BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016195_Mr. Suriya Samoh_lengkap] Text (Skripsi_1803016195_Mr. Suriya Samoh_lengkap)
1803016195_Mr. Suriya Samoh_Full Skripsi - Suriyanto Santai.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di Tk Himawari Perum BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang, dengan masalah Bagaimana Model Pembelajaran PAI di TK Himawari Perum BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan studi lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode: metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah Model pembelajaran yang diterapkan di TK Himawari adalah sebelum kegiatan dimulai seorang guru mendahulukan pembelajaran dengan mengulangi materi yang telah dipelajari untuk menarik perhatian siswa dan mempersiapkan siswa dalam proses pembelajaran, selain itu mempersiapkan pemikiran siswa agar berkonsentrasi materi yang akan disampaikan oleh guru. Pendahuluan yang diterapkan oleh guru-guru di TK Himawari tentang pembelajaran PAI adalah Tahfidz suratan pendek. Dengan mengulangi pembelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswi di TK Himawari agar anak mampu menghafalkan ayat-ayat Qur’an dengan baik sedini mungkin. Pendahuluan dengan pembelajaran ini bertujuan agar siswa-siswi di TK Himawari mampu menghafalkan hadits dan doa-doa pendek, serta belajar untuk mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Hadits-hadits yang dikenalkan kepada siswa-siswi di TK Himawari inipun masih seputar hadits keseharian seperti, hadits shalat, hadits mu’min yang baik, haidts menunaikan ilmu, hadits akhlak, hadits tenang, haidts menjaga lisan, hadits menyayangi yang ada di bumi, hadits senyum, hadits kebaikan, hadits perintah shalat, hadits dilarang mengadu domba, dan haidts dilarang menakuti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; PAI; Anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 08:45
Last Modified: 28 Nov 2021 08:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics