Hubungan literasi digital dan keterampilan penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon

Ni'mah, Alfin (2021) Hubungan literasi digital dan keterampilan penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076047_Alfin_Ni_mah] Text (Skripsi_1708076047_Alfin_Ni_mah)
Skripsi_1708076047_Alfin_Ni_mah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan literasi digital. Terlebih lagi literasi digital sangat diperlukan pada masa pandemi. Masa pandemi mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Adapun LMS yang digunakan dalam penelitian ini adalah google classroom. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat literasi digital peserta di MAS Silahul Ulum pada materi hidrokarbon dan untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan literasi digital peserta didik terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication and Technologies) di MAS Silahul Ulum pada materi hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan analisis data dengan menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAS Silahul Ulum dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital peserta didik kelas XI MIA di MAS Silahul Ulum adalah 23,8% peserta didik memiliki tingkat literasi digital sangat baik, 69,04% peserta didik memiliki tingkat literasi digital baik, serta 7,14% peserta didik memiliki tingkat literasi digital cukup. Adapun dalam penelitian ini dimensi literasi digital yang digunakan meliputi information dengan persentase 84,47%, communication dengan persentase 82, 44%, content-creation dengan persentase 75,63%, safety dengan persentase 85,53%, serta problem solving dengan persentase 81,29%. Literasi digital memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon dengan nilai korelasi 0,719. Semakin tinggi tingkat literasi digital maka keterampilan dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi digital; Google Classroom; Media pembelajaran; Information and Communication Technology; Hidrokarbon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Nov 2021 01:50
Last Modified: 27 Nov 2021 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics