Keefektifan model pembelajaran treffinger dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas vii SMP N 4 Singorojo Kendal pada materi suhu dan kalor

Setyawati, Nening (2020) Keefektifan model pembelajaran treffinger dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas vii SMP N 4 Singorojo Kendal pada materi suhu dan kalor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066054_Nening Setyawati_Skripsi Lengkap] Text (1503066054_Nening Setyawati_Skripsi Lengkap)
1503066054_NENING SETYAWATI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Nening Setyawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Treffinger pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singorojo Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP N 4 Singorojo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran Treffinger dan variabel terikat yaitu hasil belajar kelas VII SMP N 4 Singorojo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data hasil pre test digunakan untuk menguji homogenitas dan normalitas awal sedangkan data hasil post test untuk menguji normalitas kelas akhir, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,55 dan kelas kontrol 0,24 merupakan kategori sedang. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Fhitung < Ftabel (6,24 < 11,07) dengan taraf signifikansi α = 5% dengan dk = n-1. Hasil pengolahan data menghasilkan χ_hitung^2= 6,40 dan χ_tabel^2= 1,67. Karena χ_hitung^2> χ_tabel^2, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat perbedaan antara nilai rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Treffinger dalam peningkatan hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; Treffinger; IPA; Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:12
Last Modified: 28 Nov 2021 10:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics