Efektivitas penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris dikelas IV MI Salafiyah Jepara tahun ajaran 2020/2021

Jannah, Miftakhul (2021) Efektivitas penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris dikelas IV MI Salafiyah Jepara tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096023_MiftakhulJannah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1403096023_MiftakhulJannah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran yang berpotensi meningkatkan penguasaan kosakata salah satunya yaitu media pembelajaran Cossword Puzzle atau yang disebut dengan teka-teki silang, sebuah media yang berdistribusi dapat mengingatkan kembali ingatan siswa tentang materi yang sudah dipelajari dan melatih ketelitian siswa dalam menjawab pertanyaan sehingga strategi tersebut dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Rumusan masalah di penelitian ini yaitu: bagaimana keefektifan penggunaan media Crossword Puzzle pada penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV di MI Salafiyah Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen, dengan desain Pretest-postest Control Group Design. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyah Jepara. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berbentuk tes tertulis yaitu soal pilihan ganda. Dari penelitian yang telah dilakukan mengenai Efektivitas Penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap penguasaan kosakata siswa kelas IV MI salafiyah Jepara diperoleh kesimpulan bahwa, hasil postest yang telah dilakukan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 69,15 dengan standar deviasi sebesar 7,63, sementara rata-rata kelas kontrol adalah 60,35 dengan standar deviasi sebesar 5,65. Dari analisis data akhir diperoleh thitung sebesar 4,14 dan ttabel 2,02. Karena thitung>ttabel, maka hipotesis yang diajukan yaitu media pembelajaran aktif crossword puzzle efektif terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyah Jepara yaitu dapat diterima. Implikasi dari penelitian ini adalah media crossword puzzle dapat digunakan dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; Metode Pembelajaran; Aktifitas Pendidikan; Crossword Puzzle
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:32
Last Modified: 27 Nov 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics