Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan relevansinya dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah
Andini, Istika Fitri (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan relevansinya dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1403096027_ISTIKA FITRI ANDINI_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Sepatu Dahlan dan relevansinya dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka atau Library Research. yakni jenis penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khasanah literatur dan menjadikan “dunia teks” sebagai obyek utama analisisnya. Pendekatan yang digunakan adalah filosofis-pedagogis dan pendekatan semiotik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah hermeneutik dan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Adapun relevansinya nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dengan pendidikan akhlak adalah dalam kaitannya dengan pendidikan akhlak, terlihat bahwa pendidikan karakter mempunyai orientasi yang sama yaitu pembentukan karakter. Maka dapat disimpulkan bahwa ada relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Dasar; Pendidikan Karakter; Akhlak Terpuji |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 03:55 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13975 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year