Pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V MI Nurul Falah Banyutowo Dukuhseti Pati

Ulya, Harisatul (2021) Pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V MI Nurul Falah Banyutowo Dukuhseti Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096109 _Harisatul Ulya_Skripsi lengkap.pdf] Text
1403096109 _Harisatul Ulya_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak Pada Siswa Kelas V MI Nurul Falah Banyutowo Dukuhseti Pati”. Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dimiliki untuk memperoleh keterampilan-keterampilan yang lainya. Kemampuan menyimak yang baik perlu dimiliki oleh setiap siswa lebih-lebih siswa di sekolah dasar. Hal ini mengingat bahwa hampir keseluruhan pembelajaran di sekolah selalu melibatkan kemampun menyimak. Maka dari itu, kemampuan menyimak menjadi modal dasar siswa sekolah agar menjadi siswa yang cermat, cepat dan tepat memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V MI nurul Falah Banyutowo Dukuhseti Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Quasi Experiment dengan desain Post-test Only Group Design. Penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel pada penelitia ini menggunakan sampling total. Sampling total digunakan dalam penelitian ini karena semua siswa kelas V MI Nurul Falah Banyutowo Dukuhseti Pati yang berjumlah 24 masuk kedalam kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengunaan media animasi audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada kelas V MI Nurul Falah Banyutowo Dukuhseti Pati. Hasil ini dibuktikan dengan hasil nilai mean (rata-rata) kelompok ekseperimen lebih besar dari pada nilai mean (rata-rata) kelompok kontrol (82,58 > 72,17). Hasil nilai mean (rata-rata) tersebut diperkuat oleh uji hipotesis menggunakan uji-T. Uji hipotesis menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (3,164 > 3,106). Penelitia ini memberikan saran bahwa Media pembelajaran menggunakan media animasi audia visual harus disesuaikan dengan pokok materi yang akan dibahas, karena kesalahan dalam cerita yang ditayangkan akan mempengaruhi penyampaian konsep pembelajaran pada peserta didik. Selain itu, dalam menggunakan media animasi audia visual guru harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti penyediaan media, alat dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai serta alokasi waktu yang cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; Metode Pembelajaran; Aktifitas Belajar, Alat Bantu Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:30
Last Modified: 27 Nov 2021 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics