Aplikasi metode discovery inquiry dalam penanaman pengetahuan dasar scientific Islami anak usia dini di TK PGRI Prembun pada tahun 2019/2020

Ulinisda, Putri Aula (2021) Aplikasi metode discovery inquiry dalam penanaman pengetahuan dasar scientific Islami anak usia dini di TK PGRI Prembun pada tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106004_Putri Aula Ulinisda_Lengkap] Text (Skripsi_1703106004_Putri Aula Ulinisda_Lengkap)
1703106004_PUTRI AULA ULINISDA_FULL SKRIPSI - Putri Aula Ulinisda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah realita akan pentingnya menanamkan pengetahuan dasar scientific anak usia dini salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode discovery inquiry. Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Prembun, karena disana menerapkan metode discovery inquiry. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana proses pelaksanaan aplikasi metode discovery inquiry dalam penanaman pengetahuan dasar scientific islami anak usia dini di TK PGRI Prembun ? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan aplikasi metode discovery inquiry dalam penanaman pengetahuan dasar scientific islami anak usia dini di TK PGRI Prembun ?. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki yaitu TK PGRI Prembun. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dimana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut pelaksanaan aplikasi metode discovery inquiry dalam penanaman pengetahuan dasar scientific islami anak usia dini di TK PGRI Prembun sudah berjalan dengan baik tetapi kurang maksimal dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penanaman 5 M didalam pembelajaran aplikasi metode discovery inquiry dalam penanaman pengetahuan dasar scientific islam anak usia dini menghasilkan pemahaman anak seperti anak mulai menyadari mengenai alam itu diciptakan oleh Allah SWT. yang bermanfaat dan anak mulai mempunyai kesadaran Islamic scientific. Jadi, anak menyadari tentang hukum alam atau Islamic scientific yang ada di alam mengenai penciptaan tumbuh-tumbuhan, proses menanam biji kacang hijau dan yang kedua menyadari hukum alam adanya sumber obat-obatan yang tersedia dialam yaitu daun papaya menjadi jamu.
Faktor pendukung dari pelaksanaan metode discovery inquiry yaitu adanya kerjasama antar guru dengan kepala sekolah, adanya kerjasama antar pihak sekolah, peneliti dengan wali murid, dan adanya sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu pertemuan, beberapa siswa yang kurang aktif atau pasif dalam pembelajaran, kurang melibatkan lingkungan, tidak ada tindakan lanjut setelah pembelajaran mengenai hasil belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Discovery inquiry; Pengetahuan dasar scientific Islami; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Taman Kanak-Kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:53
Last Modified: 02 Dec 2021 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics