Penggunaan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Mekar 01 Ketapang Kendal tahun 2021

Dhiani, Nabila Rizki (2021) Penggunaan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Mekar 01 Ketapang Kendal tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106035_Nabila Rizki Dhiani_Lengkap] Text (Skripsi_1703106035_Nabila Rizki Dhiani_Lengkap)
1703106035_Nabila Rizki Dhiani_Lengkap Tugas Akhir - Nabila Rizki Dhiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (894kB)

Abstract

Pada kehidupan anak usia dini sangat penting sekali peranan seorang pendidik yang tentunya cukup mempengaruhi perkembangan moral agama yang dapat mengarahkan dalam kepedulian sosial anak. Karena diketahui bahwa anak usia dini merupakan peniru yang sangat handal dimana mereka pada umumnya belum bisa membedakan antara perbuatan baik dan buruk, sehingga mereka meniru orang lain yang berada di lingkungannya. Salah satu cara yang dapat mengembangkan perkembangan moral agama berkaitan dengan aspek kepedulian sosial adalah daily activity. Daily activity adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Mekar 01 Ketapang Kendal menggunakan bentuk kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan terprogram. Dampak kepedulian sosial anak dari kegiatan daily activity moral agama meliputi anak mampu memahami perilaku mulia yaitu tolong menolong, anak mampu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, dan gotong royong dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan disekitarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembalajaran; Daily activity; Moral agama; Kepedulian sosial; Taman kanak-kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:16
Last Modified: 02 Dec 2021 04:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics