Peran orang tua dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi covid-19 pada siswa TK Pertiwi 25.10 Kota Tegal tahun 2020/2021

Yuniar, Dita Firda (2021) Peran orang tua dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi covid-19 pada siswa TK Pertiwi 25.10 Kota Tegal tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106037_Dita Firda Yuniar_Full Skripsi] Text (Skripsi_1703106037_Dita Firda Yuniar_Full Skripsi)
1703106037_Dita Firda Yuniar_Full Skripsi - Dita Firda Yuniar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat dimasa Pandemi Covid-19. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku yang sadar akan kesehatan yang dilakukan secara pribadi sehingga keluarga dan lingkungannya mampu menolong diri sendiri serta berperan aktif dalam aktivitas masyarakat. Pada hakikatnya perilaku hidup bersih dan sehat merupakan upaya untuk menularkan perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok atau masyarakat dengan tujuan menjadi banyak individu dan atau masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan untuk mencapai hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam penanaman perilaku hidup bersih dan sehat dimasa Pandemi Covid-19.
Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Hasil penelitian yang telah peniliti lakukan pada Wali Murid kelas A Tk Pertiwi 25.10 adalah orang tua telah orang tua sangat berperan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dimasa Pandemi Covid-19 seperti menjadi pendidik, motivator, contoh, dan menjadi fasilitator. Beberapa usaha yang dilakukan untuk menunjang perilaku hidup bersih dan sehat dengan baik yaitu menyediakan keran air, menyediakan toilet yang layak, menyediakan masker, membekali Handsanitizer, memberikan cairan desinfektan dan antiseptik, dan menyediakan tempat sampah. Orang tua telah menanamkan dan mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan baik.membuatkan tempat untuk cuci tangan, menyediakan masker, menyediakan handsanitizer, menyediakan makanan yang sehat dan bergizi, serta menyediakan tempat untuk BAB dan BAK yang layak.
Bentuk-bentuk pembiasaan yang dilakukan oleh wali murid kelas A sudah berjalan dengan baik seperti membiasakan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, berjemur tiap pagi, mandi 2 kali sehari, dan membuang sampah pada tempatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua; Perilaku hidup bersih dan sehat; Anak usia dini; Taman kanak-kanak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:19
Last Modified: 02 Dec 2021 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics