Peran orang tua dalam pencegahan kecanduan bermain gadget anak usia dini (studi kasus peserta didik di RA Tahsinul Akhlaq Tedunan Demak tahun 2021)

Nafiah, Isma Nasikhatin (2021) Peran orang tua dalam pencegahan kecanduan bermain gadget anak usia dini (studi kasus peserta didik di RA Tahsinul Akhlaq Tedunan Demak tahun 2021). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106038_Isma Nasikhatin Nafiah_Full] Text (Skripsi_1703106038_Isma Nasikhatin Nafiah_Full)
1703106038_Isma Nasikhatin Nafiah_Full Skripsi - Nafiah Ismaa(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Gadget adalah media yang digunakan sebagai sarana komunikasi modern. Banyaknya manfaat dari gadget dan tuntutan zaman yang saat ini mengharuskan setiap manusia menggunakan gadget sejak usia dini. Sehingga saat ini sebagian besar anak usia dini sudah tidak asing lagi saat menggunakan gadget. Penggunaan gadget bagi anak perlu pengawasan yang ketat. Banyaknya konten yang dapat dilihat oleh anak tentu akan memberikan dampak yang akan diterima, baik itu dampak positif atau dampak negatif dari penggunaan gadget bergantung dengan kontrol yang dilakukan oleh orang tua kepada anak ketika anak sedang menggunakan gadget. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam penggunaan gadget.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deksriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran orang tua dalam pencegahan kecanduan gadget anak usia dini. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan Bagaimana peran orang tua dalam mencegah perilaku kecanduan bermain gadget pada anak usia dini di RA Tahsinul Akhlaq Tedunan Demak tahun 2021?. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peran orang tua dalam pencegahan kecanduan gadget anak usia dini antara lain:
1) peran orangtua berinteraksi pada anak, 2) pengendalian dalam penggunaan gadget pada anak, 3) orang tua harus bersikap tegas dan disiplin, 4) perbanyak aktivitas anak/mengajak anak bermain diluar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran orangtua; Pencegahan gadget; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:32
Last Modified: 01 Dec 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics