Pola asuh orang tua bekerja dalam mengembangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Perumahan Griya Praja Mukti RW 7 Kelurahan Langenharjo Kendal tahun 2021

Windasari, Elisah (2021) Pola asuh orang tua bekerja dalam mengembangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Perumahan Griya Praja Mukti RW 7 Kelurahan Langenharjo Kendal tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106053_Elisah Windasari_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106053_Elisah Windasari_Lengkap)
1703106053_Elisah Windasari_Lengkaptugas akhir - Elisah Windasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Masa Usia dini adalah usia yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya perkembangan kemandirian. Pola asuh dari orang tua menjadi peran utama dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini. Kemandirian merupakan perilaku anak mampu mengatasi / bertanggung jawab atas segala hal yang dilakukan tanpa bantuan dari orang lain. Pengembangan kemandirian dapat berjalan dengan baik apabila orang tua menerapkan pola asuh yang baik terhadap anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh dan kendala orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Perumahan Griya Praja Mukti RW 7 Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kota Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga macam yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga macam pola asuh yang diterapkan yaitu: pola asuh demokratis, pola asuh permisif, dan pola asuh otoriter. Kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan pola asuh demokratis sudah berkembang dengan baik. Pada pola asuh permisif, anak mengalami sisi positif dari pola asuh permisif karena menggunakannya dengan tanggung jawab, maka anak menjadi mandiri, kreatif, dan inisiatif. Tingkat kemandirian paling rendah sesuai dengan tabel 4.3 yaitu dengan pola asuh otoriter, dimana orang tua terlalu mengekang anak sehingga menyebabkan anak kurang percaya diri ketika melakukan sesuatu. Kendala orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Perumahan Griya Praja Mukti Kelurahan Langenharjo Kendal yaitu: 1) Faktor Kesibukan Orang Tua Bekerja, 2) Faktor Lingkungan Teman, 3) Perbedaan Pengasuhan, 4) Karakter Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Orang tua; Kemandirian anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:21
Last Modified: 02 Dec 2021 04:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics