Pola keterlibatan orang tua dalam membantu pemahaman konsep matematika anak usia 5-6 tahun di TK PGRI IV/89 Ngaliyan

Nadia, Ainun (2021) Pola keterlibatan orang tua dalam membantu pemahaman konsep matematika anak usia 5-6 tahun di TK PGRI IV/89 Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106057_Ainun Nadia_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1703106057_Ainun Nadia_LENGKAP)
1703106057_Ainun Nadia_LENGKAP TUGAS AKHIR - Ainun Nadia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak merupakan bentuk dukungan orangtua terhadap anaknya, baik yang dilakukan di dalam rumah maupun di sekolah. Keterlibatan orang tua dapat berupa penyediaan sumber daya untuk anak-anak, dalam bentuk menyediakan waktu bersama anak dan menaruh minat dan perhatian terhadap anak. Hal ini merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mendukung keberhasilan belajar anak. Diketahui TK PGRI 4/89 Ngaliyan memiliki keunggulan prestasi anak kelompok TK B dalam pemahaman konsep matematika. Di dalam kelas kelompok B pemahaman konsep matematikanya sudah cukup bagus. Bahkan lulusan anak-anak TK PGRI 4/89 ini cukup terkenal mahir dalam pengoperasian matematika, walau masih taraf sederhana (sesuai kapasitas kemampuan anak usia dini). Hal ini tentu menjadi tanda keberhasilan metode-metode yang digunakan guru- guru TK PGRI 4/89 dalam upaya pemahaman konsep matematika., dalam kata lain metode-metode yang digunakan sudah tepat. Selain itu, menurut guru-guru TK PGRI IV/89, peran orang tua dalam memberikan bimbingan dan dorongan saat anak belajar di rumah juga berpengaruh dalam keberhasilan pemahaman konsep matematika anak. Kepala sekolah TK PGRI 4/89 juga mengatakan, pihak sekolah sering melakukan pertemuan dengan orang tua. Baik untuk mendiskusikan hasil pembelajaran anak atau pun sekedar makan-makan yang memang sudah menjadi kegiatan rutin di TK PGRI 4/89 Ngaliyan. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : Bagaimana pola keterlibatan orang tua dalam membantu proses pemahaman konsep matematika anak usia 5-6 tahun di TK PGRI IV/89 Ngaliyan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan uji tes. Data primer diperoleh peneliti dari hubungan pola keterlibatan orang tua dengan hasil belajar mengenai pemahaman Matematika anak kelompok B di TK PGRI 4/89 Ngaliyan. Dan data yang kedua data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari buku-buku dan situs-situs internet yang berisi tentang Pola keterlibatan orang tua dalam membantu pemahaman konsep matematika pada anak usia dini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, data editing atau memeriksa kembali jawaban apakah cara menjawabnya sudah benar, data reducting atau data yang disederhanakan, data display atau penyajian data dalam bentuk deskriptif verbalitas, data verifikasi atau pemeriksaan kembali dari pengulangan data, dan data konklusi atau perumusan kesimpulan hasil penelitian yang disajikan, baik perumusan secara umum ataupun khusus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakaan di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang tentang pola keterlibatan orang tua dalam membantu pemahaman konsep matematika anak usia 5-6 tahun, pada bagian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pola keterlibatan orang tua dalam membantu pemahaman konsep matematika anak usia dini menggunakan dua pola, yaitu pola keterlibatan langsung dan pola keterlibatan tidak langsung. Pola keterlibatan langsung meliputi pendampingan belajar dalam proses pemahaman konsep matematika anak, menyediakan lingkungan yang nyaman untuk anak sehingga anak tidak malas belajar, terlibat langsung dalam kegiatan sekolah anak. Sedangkan pola keterlibatan tidak langsung meliputi menyediakan alat permainan edukatif untuk belajar anak, memfasilitasi guru privat (bila diperlukan), memperhatikan pola makan anak. Hubungan antara pola keterlibatan orang tua dalam proses pemahaman matematika anak berbanding lurus dengan perilaku anak saat belajar ataupun mengerjakan tugas. Dan juga, hubungan antara pola keterlibatan orang tua dalam proses pemahaman matematika anak berbanding lurus dengan pemahaman konsep matematika anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan; Orang tua; Konsep matematika; Taman kanak-kanak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:25
Last Modified: 02 Dec 2021 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics