Pengaruh penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan berpikir kritis materi peristiwa mengisi kemerdekaan siswa kelas V di MI Miftahul Huda Jepara tahun 2020/2021

Hidayah, Asifatun (2021) Pengaruh penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan berpikir kritis materi peristiwa mengisi kemerdekaan siswa kelas V di MI Miftahul Huda Jepara tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096085_ASIFATUN HIDAYAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096085_ASIFATUN HIDAYAH_Lengkap)
1703096085_SKRIPSI ASIFATUN HIDAYAH_FULL SKRIPSI - Asifatun Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa yang dapat memaknai sebuah pembelajaran dan materi yang diajarkan oleh guru. Hal tersebut terlihat ketika siswa disuruh membaca, mereka hanya membaca teks dan tidak memahami isi teks yang dibacanya sehingga tidak mampu berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V materi peristiwa mengisi kemerdekaan di MI Miftahul Huda Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk non-equivalen control group design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VA yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VB yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil nilai t_hitung sebesar -3,21518 dan t_tabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 2,0106. Maka t_hitung = -3,21518 tidak berada di antara -t_tabel = -2,0106 dan t_tabel = 2,0106. Sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh variabel x terhadap y. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima yaitu adanya pengaruh penggunaan Metode CIRC terhadap kemampuan berpikir kritis materi peristiwa mengisi kemerdekaan siswa kelas V di MI Miftahul Huda Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC); Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:23
Last Modified: 03 Dec 2021 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics