Metode muraja’ah digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IV MI Matholi’ul Falah Juwana Pati

Nurhayati, Isna (2021) Metode muraja’ah digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IV MI Matholi’ul Falah Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRISI_1703096072_Isna Nurhayati_Lengkap] Text (SKRISI_1703096072_Isna Nurhayati_Lengkap)
1703096072_Isna Nurhayati_Lengkap Tugas Akhir - Isna Nurhayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode muraja’ah dapat meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek mata pelajaran Al-qur’an Hadits siswa kelas IV MI Matholi’ul Falah Juwana Pati.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati yang berjumlah 22 orang. Obyek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran hafalan dengan menggunakan metode muraja’ah. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menghafal pada peserta didik setelah diterapkannya metode muraja’ah dalam menghafal surah-surah pendek. Peningkatan kemampuan menghafal dapat dilihat pada tabel observasi yaitu pada tahap pra siklus nilai rata-rata hafalan peserta didik sebesar 64, dari 22 hanya 8 peserta didik yang lulus. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I nilai rata-rata hafalan peserta didik meningkat menjadi 70 (11 peserta didik masih dinyatakan belum lulus). Setelah diadakan evaluasi tindakan, maka pada siklus II hasil hafalan peserta didik meningkat menjadi 78 (5 peserta didik masih dinyatakan belum lulus). Setelah diadakan evaluasi tindakan kembali, maka peserta didik siklus III hasil hafalan mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 90 dan semua santri telah dinyatakan lulus. Dari empat tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode muraja’ah terhadap kemampuan menghafal surah-surah pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode muraja’ah; Kemampuan menghafal; Surah-surah pendek
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2021 02:12
Last Modified: 04 Dec 2021 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics