Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap kemampuan membaca pada materi aksara Jawa kelas III di MI At Taqwa Semarang tahun ajaran 2020/2021

Setianingrum, Qori (2021) Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap kemampuan membaca pada materi aksara Jawa kelas III di MI At Taqwa Semarang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096035_Qori Setianingrum_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096035_Qori Setianingrum_Lengkap)
1703096035_Qori Setianingrum_Full Skripsi - Qori Setianingrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap kemampuan membaca aksara Jawa siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas III MI At Taqwa Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design (eksperimen semu), dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI At-Taqwa semester genap tahun ajaran 2020/2021. Kelas III A sebanyak 16 anak sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebanyak 17anak sebagai kelas eksperimen, karena populasi berjumlah 33 maka peneliti mengunakan penelitian populasi.
Hasil dari posttest rata-rata nilai kemampuan membaca aksara Jawa pada kelas eksperimen adalah 79,76 dan rata-rata nilai kemampuan membaca aksara Jawa pada kelas kontrol adalah 50,87. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 5,511 dan ttabel = 1,695 dengan taraf signifikan 5% dan dk= 17 + 16 – 2 = 33. Perhitungan ini menunjukkan thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android berpengaruh terhadap kemampuan membaca aksara Jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas III MI At Taqwa Semarang Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif android; Kemampuan membaca aksara Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2021 03:45
Last Modified: 04 Dec 2021 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics