Pengaruh disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dalam materi sistem persamaan linier dua variabel kelas viii di SMP N 1 Kaliori
Sunarsih, Sunarsih (2021) Pengaruh disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dalam materi sistem persamaan linier dua variabel kelas viii di SMP N 1 Kaliori. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1608056036_Sunarsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa secara teoritik diantaranya adalah disposisi matematis dan kecerdasan numerik. Sehingga perlu di teliti agar kemampuan berpikir kritis matematika lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (2) Bagaimana pengaruh kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (3) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) dan kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y). penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi selurus siswa kelas VIII di SMP N 1 Kaliori dengan sampel penelitian 32 siswa kelas 8.7 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes terdiri dari angket disposisi matematis, Soal tes pilihan ganda kecerdasan numerik dan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Hasil dari data penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dengan koefisien korelasi 0,4465 dan koefisien determinasi r^2=0,199. sehingga 19,94% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis (2) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,4729 dan koefisien determinasi r^2=0,2236 sehingga sebesar 22,36% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh kecerdasan numerik. (2) Terdapat pengaruh signifikan Disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar R=0,6786 dan koefisien determinasi R^2=0,4605288. sehingga sebesar 46,05% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis dan kecerdasan numerik secara bersama dan 53,95% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa secara teoritik diantaranya adalah disposisi matematis dan kecerdasan numerik. Sehingga perlu di teliti agar kemampuan berpikir kritis matematika lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (2) Bagaimana pengaruh kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (3) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) dan kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y). penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi selurus siswa kelas VIII di SMP N 1 Kaliori dengan sampel penelitian 32 siswa kelas 8.7 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes terdiri dari angket disposisi matematis, Soal tes pilihan ganda kecerdasan numerik dan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Hasil dari data penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dengan koefisien korelasi 0,4465 dan koefisien determinasi r^2=0,199. sehingga 19,94% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis (2) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,4729 dan koefisien determinasi r^2=0,2236 sehingga sebesar 22,36% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh kecerdasan numerik. (2) Terdapat pengaruh signifikan Disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar R=0,6786 dan koefisien determinasi R^2=0,4605288. sehingga sebesar 46,05% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis dan kecerdasan numerik secara bersama dan 53,95% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disposisi matematis; Kecerdasan numerik; Kemampuan berpikir kritis matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Wayan Yulianto |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 10:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 10:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14284 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year