Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah polya bagi siswa kelas ix MTs NU 20 Kangkung tahun pelajaran 2020/2021

Hasanah, Anis Marifatul (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah polya bagi siswa kelas ix MTs NU 20 Kangkung tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056101_Anis Marifatul Hasanah] Text (Skripsi_1608056101_Anis Marifatul Hasanah)
Skripsi_1608056101_Anis Marifatul Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah Polya pada materi persamaan kuadrat bagi siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung. Ditemukan beberapa fakta bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung pada materi persamaan kuadrat masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek diambil dengan teknik sampling purposif (purposive sampling) dari 34 siswa kelas IX B MTs NU 20 Kangkung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung mayoritas berada pada skor katagori rendah yaituhanya mampu memenuhi indikator memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah meskipun belum maksimal dan belum mampu menyelesaikan indikator yang lainnya. Siswa yang kemampuan pemecahan masalah matematisnya berada pada skor katagori sedang,hampir memenuhi ketiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik. Siswa yang kemampuan pemecahan masalah matematisnya berada pada tingkat tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah matematis; Langkah-langkah polya; Persamaan kuadrat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:49
Last Modified: 13 Dec 2021 11:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics