Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika tipe hots berdasarkan gender pada materi program linear di kelas xi SMA Negeri 2 Brebes

Amah, Muna (2021) Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika tipe hots berdasarkan gender pada materi program linear di kelas xi SMA Negeri 2 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056089_Muna Amah] Text (Skripsi_1708056089_Muna Amah)
Skripsi_1708056089_Muna Amah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa serta faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut serta pengaruh gender dalam penyelesaian soal program linear bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa, yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, terdiri dari dua siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa perempuan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Faktor yang menyebabkan siswa laki-laki melakukan kesalahan yaitu kurang menguasai konsep materi program linear dan kurang menguasai materi prasyarat. Kesalahan yang dilakukan siswa perempuan yaitu kurang memahami konsep materi program linear dan kurang teliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan; Teori newman; Program linear; HOTS; Gender
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:51
Last Modified: 13 Dec 2021 11:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14291

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics