Pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun 2019/2020
Azizah, Naily Nihla (2020) Pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1503096106_Naily Nihla Azizah_FULL SKRIPSI - Nailaa azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Skirpsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Permainan Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang Tahun 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang disajikan monoton, yaitu penugasan. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran hanya membaca dan mengerjakan soal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SQ3R dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, B, C, dan D, kemudian diambil sampel kelas IV B dan IV C. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk memperoleh data. Sebelum instrumen tes digunakan, dilakukan terlebihdahulu tes uji coba di kelas V A untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kelas kontrol adalah 67,21 dengan standar deviasi (s) 6,73. Sementara nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,86 dengan standar deviasi (s) 5,43. Dari analisis data akhir diperoleh t_(hitung )= 10,215 dan t_tabel = 1,670. Karena t_(hitung )> t_tabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Karena H_a diterima, artinya penggunaan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square berpengaruh dan dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SQ3R; Permainan word square; Membaca intensif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 08:55 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 08:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14303 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year