Pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun 2019/2020

Azizah, Naily Nihla (2020) Pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096106_Naily Nihla Azizah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096106_Naily Nihla Azizah_Lengkap)
1503096106_Naily Nihla Azizah_FULL SKRIPSI - Nailaa azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skirpsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Permainan Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang Tahun 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang disajikan monoton, yaitu penugasan. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran hanya membaca dan mengerjakan soal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SQ3R dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, B, C, dan D, kemudian diambil sampel kelas IV B dan IV C. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk memperoleh data. Sebelum instrumen tes digunakan, dilakukan terlebihdahulu tes uji coba di kelas V A untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kelas kontrol adalah 67,21 dengan standar deviasi (s) 6,73. Sementara nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,86 dengan standar deviasi (s) 5,43. Dari analisis data akhir diperoleh t_(hitung )= 10,215 dan t_tabel = 1,670. Karena t_(hitung )> t_tabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Karena H_a diterima, artinya penggunaan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square berpengaruh dan dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: SQ3R; Permainan word square; Membaca intensif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 08:55
Last Modified: 08 Dec 2021 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics