Pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas IV di MI Taufiqiyah Semarang

Amiroh, Siti (2020) Pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas IV di MI Taufiqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096101_Siti Amiroh_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096101_Siti Amiroh_Lengkap)
1503096101_Siti Amiroh_Lengkap Tugas Akhir - amiroh siti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi minat baca siswa kelas IV MI Taufiqiyah Semarang, pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV MI Taufiqiyah Semarang, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan pojok baca di kelas IV MI Taufiqiyah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, pemaparan data serta verifikasi
Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Kondisi minat baca siswa kelas IV MI Taufiqiyah terbilang rendah. Hal ini ditunjukkan pada sedikitnya siswa kelas IV yang memiliki kegemaran membaca dan sebagian besar siswa kelas IV tidak suka mengisi waktu luangnya dengan membaca. (2) Pemanfaatan pojok baca di kelas IV terhitung belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh penataan pojok baca yang kurang rapi sehingga menjadikan pojok baca kurang menarik serta guru belum mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pemanfaatan pojok baca sebagai sumber belajar, sumber rujukan serta tempat siswa membaca di waktu luang. (3) Faktor pendukung dalam pemanfaatan pojok baca pada siswa kelas IV MI Taufiqiyah diantaranya adanya dukungan dari pihak-pihak terkait, antusiasme siswa yang cukup baik, partisipasi aktif orang tua siswa, kerjasama dengan beberapa lembaga dan keberadaan pojok baca membantu perpustakaan dalam menyediakan buku bacaan untuk siswa. (4) Faktor penghambat dalam pemanfaatan pojok baca pada siswa kelas IV MI Taufiqiyah diantaranya kondisi beberapa buku di pojok baca yang rusak atau bahkan hilang, penataan dan dekorasi pojok baca yang belum maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan; Pojok baca; Minat baca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 08:59
Last Modified: 08 Dec 2021 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics