Pengaruh penggunaan etnomatematika kesenian rebana terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I MI Al-Hikmah Tembalang

Zuhri, Muhammad Syaifudin (2020) Pengaruh penggunaan etnomatematika kesenian rebana terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I MI Al-Hikmah Tembalang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096078_M.SyaifudinZuhri_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096078_M.SyaifudinZuhri_Lengkap)
1503096078_M.SyaifudinZuhri_FullSkripsi - Muhammad Syaifudin Zuhri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Berhitung merupakan dasar dari beberapa ilmu yang digunakan dalam setiap aktivitas manusia. Peserta didik pada jenjang sekolah dasar sedang berada pada fase kongkrit dan masa bermain yang membutuhkan suatu sentuhan materi matematika yang nyata serta menyenangkan. Proses belajar yang monoton membuat peserta didik sulit dalam mencerna materi yang telah disampaikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan etnomatematika kesenian rebana terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I MI Al-Hikmah Tembalang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan etnomatematika kesenian rebana berpengaruh terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I MI Al-Hikmah Tembalang.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IA dan IB dengan jumlah keseluruhan 28 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IA yang berjumlah 14 siswa, dan kelas IB yang berjumlah 14 siswa. Seluruh populasi ini dijadikan sampel penelitian, adapun kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas IA sebagai kelas eksperimen dan IB sebagai kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dengan menggunakan tehnik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan etnomatematika kesenian rebana dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan etnomatematika kesenian rebana , berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh dan uji t akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini, maka penggunaan ethnomatematika kesenian rebana berpengaruh terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I MI Al- Hikmah Tembalang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesenian rebana; Kemampuan berhitung
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 00:54
Last Modified: 09 Dec 2021 00:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics