Hubungan antara kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis Pekerjaan di Kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2019/2020
Rahmawati, Lailatul Fitri (2020) Hubungan antara kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis Pekerjaan di Kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1503096027_LAILATUL FITRI RAHMAWATI_FULL SKRIPSI - Lailatul Fitri Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Kecerdasan sosial peserta didik perlu dikembangkan karena pada era modern ini kecerdasan sosial sangat berpengaruh pada kesuksesan peserta didik pada masa mendatang. Kecerdasan sosial erat kaitannya dalam kehidupan setiap manusia baik di dunia pendidikan maupun di dunia masyarakat. Karakteristik setiap anak berbeda-beda, ada yang mudah memahami materi ada juga yang sulit memahami materi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan positif antara Kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis pekerjaan di kelas IV MI NU 56 Krajankulon tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik stratified purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 51 responden.
Berdasarkan hasil penelitian uji koefisien korelasi menunjukkan taraf signifikansi nilai sig sebesar 0,154 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,154 > 0,05) dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung > F tabel) (0,500 < 4,034). Artinya bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis pekerjaan di kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2019/2020. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,041 atau 4,1% yang artinya pengaruh variabel X (Kecerdasan Sosial) terhadap vareiabel Y (Pemahaman Konsep Materi Jenis-jenis Pekerjaan) sebesar 0,041, ini menunjukkan bahwa kontribsi variabel independen adalah sebesar 4,1% sedangkan sisaya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan sosial; Pemahaman konsep materi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 04:01 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 04:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14359 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year