Hubungan antara kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis Pekerjaan di Kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2019/2020

Rahmawati, Lailatul Fitri (2020) Hubungan antara kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis Pekerjaan di Kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1503096027_Lailatul Fitri Rahmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1503096027_Lailatul Fitri Rahmawati_Lengkap)
1503096027_LAILATUL FITRI RAHMAWATI_FULL SKRIPSI - Lailatul Fitri Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan sosial peserta didik perlu dikembangkan karena pada era modern ini kecerdasan sosial sangat berpengaruh pada kesuksesan peserta didik pada masa mendatang. Kecerdasan sosial erat kaitannya dalam kehidupan setiap manusia baik di dunia pendidikan maupun di dunia masyarakat. Karakteristik setiap anak berbeda-beda, ada yang mudah memahami materi ada juga yang sulit memahami materi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan positif antara Kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis pekerjaan di kelas IV MI NU 56 Krajankulon tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik stratified purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 51 responden.
Berdasarkan hasil penelitian uji koefisien korelasi menunjukkan taraf signifikansi nilai sig sebesar 0,154 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,154 > 0,05) dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung > F tabel) (0,500 < 4,034). Artinya bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan sosial dengan pemahaman konsep materi jenis-jenis pekerjaan di kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2019/2020. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,041 atau 4,1% yang artinya pengaruh variabel X (Kecerdasan Sosial) terhadap vareiabel Y (Pemahaman Konsep Materi Jenis-jenis Pekerjaan) sebesar 0,041, ini menunjukkan bahwa kontribsi variabel independen adalah sebesar 4,1% sedangkan sisaya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan sosial; Pemahaman konsep materi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:01
Last Modified: 09 Dec 2021 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics