Penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini 5-6 tahun di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2020/2021

Ahdin, Nurhayati (2021) Penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini 5-6 tahun di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1603106016_nurhayati ahdin_Lengkap] Text (Skripsi_1603106016_nurhayati ahdin_Lengkap)
1603106016_nurhayati ahdin_Full Skripsi - nurhayati Ahdin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Aanak Usia Dini 5-6 Tahun di RA AL-Hidayah IAIN Walisongo Semarang, meliputi penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak, pelaksanaan penerapan metode jarimatika, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan meningkatkan kemampuan berhitung sertas solusi dari faktor penghambat pelaksanaan penerapan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode jarimatika di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2020/2021? (2) Apakah Penerapan Metode Jarimatika dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini 5-6 tahun di Ra Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2020-2021?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana penulis membuat deskripsi secara sistematis, factual dan akurat mengenai fenomena atau fakta-fakta yang telah diselidiki. Penilitian hanya difokuskan pada kelas Nabi Adam A 4 RA AL-Hidayah IAIN Walisongo Semarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumntasi. Uji keabsehan data menggunakan trigulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran metode jarimatika di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang dapat diterapkan dengan baik, hal ini terlihat pada saat peneliti melakkan penelitian melakukan penelitian dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumntasi terlihat bahwa guru sudah menerapkan metode jarimatika dengan baik. (2) Penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dapat dilihat dari antusias anak dalam belajar berhitung dengan menggunakan metode jarimatika, disamping metode berhitungnya yang menggunakan jari sebagai media secara tidak langsung anak-anak diajak berhitung sambil bermain dengan menggunakan jari-jemari mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode jarimatika; Kemampuan berhitung; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:24
Last Modified: 10 Dec 2021 02:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14433

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics