Pengaruh Penguasaan Qawa’id dan Mufradah terhadap Kemampuan Menulis Teks Bahasa Arab pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas XII Jurusan Bahasa Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 dan 2 Mranggen
Asif, Achmad (2010) Pengaruh Penguasaan Qawa’id dan Mufradah terhadap Kemampuan Menulis Teks Bahasa Arab pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas XII Jurusan Bahasa Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 dan 2 Mranggen. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Asif_Tesis_sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (398kB) | Preview
Asif_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (188kB) | Preview
Asif_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (300kB) | Preview
Asif_Tesis_Bab5.pdf - Bibliography
Download (141kB) | Preview
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu alat yang dipergunakan untuk memahami dasar-dasar ajaran Islam baik al-Qur’an, as-Sunnah, maupun kitab-kitab keislaman yang berbahasa Arab yang dijadikan sebagai sumber hukum Islam. Oleh karena itu mempelajari bahasa Arab merupakan suatu keharusan bagi seseorang yang ingin mempelajari dasar-dasar Islam. Bahasa Arab juga merupakan bahasa pengantar dalam forum-forum ilmiah dan forum-forum lainnya yang bertaraf internasional.
Pembelajaran bahasa Arab dapat mengembangkan ketrampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan, serta untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan. Pada SLTA atau Madrasah Aliyah mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara penguasaan qawa’id dengan kemampuan menulis teks bahasa Arab, hubungan antara penguasaan mufradah dengan kemampuan menulis teks bahasa Arab, serta hubungan antara penguasaan qawa’id dan mufradah dengan kemampuan menulis teks bahasa Arab pada pelajaran bahasa Arab siswa kelas XII jurusan bahasa Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 dan 2 Mranggen Demak.
Data diperoleh dari seluruh populasi yaitu semua siswa kelas XII jurusan bahasa Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 dan 2 Mranggen Demak sebanyak 124 siswa. Data dikumpulkan dengan angket yang berbentuk tes untuk ketiga variabel yaitu: Variabel penguasaan qawa’id, penguasaan mufradah, dan Kemampuan Menulis Teks Bahasa Arab.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.
Hasil analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua menunjukkan bahwa pengaruh penguasaan qawa’id memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap kemampuan menulis teks bahasa Arab, serta penguasaan mufradah juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan menulis teks bahasa Arab. Hasil analisis ketiga yaitu analisis regresi berganda menunjukkan bahwa penguasaan qawa’id dan mufradah itu sangat mempengaruhi terhadap kemampuan menulis teks bahasa Arab, dengan demikian ketiga variabel ini memiliki hubungan positif yang tinggi.
Berdasarkan kesimpulan dari ketiga variabel, maka ketiga hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa, pengaruh penguasaan qawa’id dan mufradah memegang peranan penting dalam tercapainya hasil kemampuan menulis teks bahasa Arab yang baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 01:54 |
Last Modified: | 12 Nov 2013 01:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/145 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year