Pengaruh Faktor Psikografis terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan Berlabel Halal pada Masyarakat Muslim Ngaliyan (Studi Kasus pada ONO Swalayan Ngaliyan)
Hidayatun, Intan Nur (2012) Pengaruh Faktor Psikografis terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan Berlabel Halal pada Masyarakat Muslim Ngaliyan (Studi Kasus pada ONO Swalayan Ngaliyan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
072411029_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
072411029_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
072411029_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (154kB) | Preview
072411029_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
072411029_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (193kB) | Preview
072411029_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
072411029_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Ketatnya persaingan bisnis industri makanan menuntut perusahaan untuk lebih mengetahui hak-hak konsumen, yaitu meningkatkan produk-produk makanan yang bermutu dan aman. Salah satu hak konsumen itu adalah adanya informasi label halal pada produk makanan dalam kemasan. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh label halal, maka digunakan analisis faktor psikografis dengan cara mengunjungi calon konsumennya. Psikografis adalah analisis gaya hidup atau riset AIO adalah suatu bentuk riset konsumen yang memberikan profil yang jelas dan praktis mengenai segmen-segmen konsumen, tentang aspekaspek kepribadian konsumen yang penting, motif belinya, minatnya, sikapnya, keyakinannya, dan nilai-nilai yang dianutnya. ONO Swalayan adalah salah satu ritel yang memiliki area yang sangat luas yang menjual berbagai macam produk makanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana analisis faktor psikografis yang terdiri dari aktivitas (X1), minat (X2), opini (X3) dan label halal (Z) terhadap keputusan pembelian (Y).
Dengan latar belakang diatas sehingga menimbulkan rumusan masalah sebagai berikut: Apakah psikografis yang meliputi kegiatan (X1), minat (X2), opini (X3) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y)? Apakah psikografis yang meliputi kegiatan (X1), minat (X2), opini (X3) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y)? Variabel psikografis manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian?
Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan deskriptif analisis. Jumlah sampel sebanyak 75 responden yang diperoleh dari lima kali sub variabel, yaitu 5 x 15, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas (X1), minat (X2), opini (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial dapat diketahui bahwa variabel aktivitas (X1), Ho yang mengatakan aktivitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian ditolak, sedangkan Ha yang mengatakan aktivitas berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian diterima. Dan untuk uji t diketahui bahwa secara parsial variabel aktivitas (X1), minat (X2), opini (X3) mempunyai pengaruh signifikan pula terhadap keputusan pembelian (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makanan dalam Kemasan; Makanan Halal |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 09:23 |
Last Modified: | 28 Jan 2014 09:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1458 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year