Pemberdayaan difabel melalui program pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan (studi yayasan rumah difabel di Jagalan Kota Semarang)
Mudmaina, Yulia (2021) Pemberdayaan difabel melalui program pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan (studi yayasan rumah difabel di Jagalan Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1401046031_YULIA MUDMAINA_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Individu di Indonesia yang menyandang disabalitas sering kali dijadikan obyek santunan dan mereka mendapatkan perlakuan diskriminatif baik dari individu lain maupun dari lembaga dan masyarakat. Masyarakat masih memandang bahwa penyandang disabilitas adalah kelompok masyarakat yang lemah. Hal yang lebih memprihatinkan adalah fakta bahwa sebagian besar dari populasi penyandang disabilitas hidup dalam jurang kemiskinan. Padahal banyak disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik tetapi memiliki kemampuan intelektual di atas rata-rata. Penyandang disabilitas memiliki kreativitas yang tinggi, hanya saja mereka tidak memiliki sarana yang dapat menyalurkan kemampuannya tersebut.
Yayasan Rumah Difabel merupakan wadah berbagi sesama difabel untuk saling bertukar informasi dan silaturahmi. Yayasan Rumah Difabel menjadi tempat berkumpul bersama untuk saling berbagi ide, inspirasi, berkreasi, berkarya dan bertukar pengalaman dari disabilitas lain. Melalui dorongan positif Yayasan Rumah Difabel, penyandang disabilitas yang telah bergabung berhasil mengeksplorasi hal-hal unik dari dalam diri mereka, tanpa perlu terpuruk dalam perasaan berbeda sebagai manusia yang “ditidak mampukan”. Adanya pemberdayaan melalui keterampilan handicraft dan menjahit serta pengetahuan ilmu komputer, kini mereka mampu menghadapi sebuah tantangan meskipun mereka melakukannya dengan cara berbeda namun mereka memiliki potensi dan kemandirian.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan difabel melalui program pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan di Yayasan Rumah Difabel Kota Semarang dan bagaimana hasil pemberdayaan Difabel melalui pemberian program pengetahuan dan pelatihan ketrampilan di Yayasan rumah Difabel Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berpikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan teknik analisa Milles-Huberman seperti pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan untuk proses penganalisaan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan difabel melalui program pemberian pengetahuan dan pelatihan ketrampilan oleh Yayasan Rumah Difabel Kota Semarang sudah berjalan dengan baik mulai dari tahap problem posing, tahap problem analysis, tahap penentuan tujuan dan sasaran, tahap action plans, tahap pelaksanaan kegiatan hingga tahap evaluasi. Kegiatan keterampilan handicraft,menjahit dan pemberian ilmu pengetahuan memberikan hasil yang positif kepada penerima manfaat mulai dari aspek politik, aspek ekonomi dan sosial budayaa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan Difabel; Yayasan Rumah Difabel; Pengetahuan; Ketrampilan; Kota Semarang |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 11:04 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 11:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14627 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year