Pengaruh Pengawas Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Kualitas Belajar Siswa di MAN Batang
Nasrullah, Moch. (2013) Pengaruh Pengawas Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Kualitas Belajar Siswa di MAN Batang. Masters thesis, IAIN Walisongo.
115112066_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (337kB) | Preview
115112066_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (99kB) | Preview
115112066_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (181kB) | Preview
115112066_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
115112066_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
115112066_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
115112066_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (26kB) | Preview
Abstract
Kualitas belajar siswa dapat tercapai tidak terlepas dari usaha guru dan pengawas sekolah yang secara terus menerus bekerjasama untuk menciptakan terjadinya proses pembelajaran secara efektif. Pengawas sekolah sebagai penanggung jawab utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah diharapkan melakukan pembinaan kompetensi guru agar dapat berkinerja secara maksimal. Pembinaan kemampuan profesional guru dapat dilakukan melalui supervisi akademik sehingga berdampak pada pencapaian prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawas sekolah dan kinerja guru terhadap kualitas belajar siswa di MAN Batang berjumlah 72 orang guru. atau kurang dari 100, maka perlu diteliti semuanya sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru, selanjutnya dianalisis secara statistik dengan teknik analisis regresi ganda menggunakan komputer program SPSS 16 for windows.
Hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa Fhitung lebih besar daripada nilai Ftabel (36.086> 3.129644) dan nilai signikansi Fhitung (sig) = 0,000 lebih kecil dari a = 0,05, hasil ini membuktikan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama variabel pengawas sekolah (Xl), dan variabel kinerja guru (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel kualitas belajar siswa (Y) di MAN Batang.Dengan demikian dapat dianalisis bahwa hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan: Ada pengaruh signifikan variabel pengawas sekolah, dan variabel kinerja guru terhadap variabel kualitas belajar siswa di MAN Batang dapat diterima atau dengan kata lain didukung oleh fakta empiris.
Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan: (1) Pengawas sekolah yang sudah baik selama ini perlu dipertahankan bahkan perlu dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan/dikembangkan upaya-upaya yang memungkinkan untuk semakin meningkatkan kualitas kinerja guru, (2) Perlu inovasi dan kreatifitas pengawas sekolah dan kinerja guru yang lebih partisipatif dan transformasional, (3) Perlu ada penelitian yang sejenis dengan tema yang berbeda untuk menguji berbagai teori-teori manajemen sumber daya manusia, serta dengan memilih variabel lain yang masih dalam lingkup pengawas sekolah dankinerja guru untuk mengungkap variabel lain yang berpengaruh besar terhadap kualitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengawas Sekolah; Kinerja Guru; Kualitas Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 03:55 |
Last Modified: | 10 Feb 2014 03:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1494 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year