Pengembangan modul pembelajaran reflektif berbasis unity of sciences untuk meningkatkan pemecahan masalah dan karakter siswa MA

Luthfiani, Afida (2021) Pengembangan modul pembelajaran reflektif berbasis unity of sciences untuk meningkatkan pemecahan masalah dan karakter siswa MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133511023_AFIDA LUTHFIANI] Text (SKRIPSI_133511023_AFIDA LUTHFIANI)
SKRIPSI_133511023_AFIDA LUTHFIANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Matematika peminatan merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam struktur kurikulum yang berlaku di SMA/MA. Penyediaan buku mata pelajaran peminataan akademik diserahkan kepada penerbit, sehingga beberapa sekolah yang pengadaan buku perpustakaan di sekolahnya hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah belum mampu menyediakan buku-buku peminatan, khususnya matematika peminatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun modul pembelajaran reflektif berbasis unity of sciences untuk meningkatkan pemecahan masalah dan karakter siswa MA pada materi turunan fungsi trigonometri dan mengetahui proses penyusunannya sehingga dihasilkan modul pembelajaran reflektif berbasis unity of sciences yang valid, praktis dan efektif dari segi teori.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan level 1 yang paling rendah tingkat kesulitannya, karena penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan produk saja, belum sampai pada tahap memproduksi dan menguji produk di lapangan.
Modul pembelajaran disusun melalui langkah-langkah seperti analisis kurikulum, analisis materi, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun kerangka isi modul, dan menyusun rancangan modul secara utuh. Rancangan modul dinyatakan valid jika materi yang disajikan benar sesuai dengan kaidah keilmuan yang berlaku dan memiliki komponen yang konsisten. Rancangan modul dinyatakan praktis jika rancangan modul menarik dan dapat digunakan dalam kondisi normal. Rancangan modul dinyatakan efektif jika rancangan modul dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran reflektif; Unity of sciences; Pemecahan masalah; Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:29
Last Modified: 19 Feb 2022 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15155

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics