Efektivitas media pembelajaran komik berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII di SMP Negeri 6 Taman Pemalang

Alfa, Ahmad Alfan (2020) Efektivitas media pembelajaran komik berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII di SMP Negeri 6 Taman Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133511031_Ahmad Alfan Alfa] Text (Skripsi_133511031_Ahmad Alfan Alfa)
Skripsi_133511031_Ahmad Alfan Alfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 6 Taman Pemalang cenderung tidak mengaplikasikan pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan berdampak pada keengganan siswa untuk memperhatikan pembelajaran matematika serta berlatih mengerjakan soal. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Taman pada mata pelajaran matematika masih rendah. Peneliti dalam penelitan ini mencoba memberikan pembelajaran yang berbeda, yaitu menggunakan media pembelajaran komik. Dimana siswa nantinya saat proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran komik sebagai pengganti buku paket. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran komik berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan Kelas VII di SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Ajaran 2018/2019.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimetal dengan rancang Post-Test Only Control Group Design. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t-test dari data nilai posttest yang diberikan pada kelas sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam delapan kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik random sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes.
Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran komik berbasis kontekstual lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t-test perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol pada α = 5% dengan dk = 32 + 32 – 2 = 62 diperoleh thitung = 8,824dan ttabel = 1,67. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 2.20. thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada materi himpunan dengan menggunakan media pembelajaran komik pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik berbasis kontekstual efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Taman Pemalang pada materi himpunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komik; Media pembelajaran; Pembelajaran kontekstual; Himpunan; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:38
Last Modified: 19 Feb 2022 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics