Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi online terhadap minat beli produk kain tenun ikat Troso Jepara

Fiqen, Mustakfi Muhammad (2020) Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi online terhadap minat beli produk kain tenun ikat Troso Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026106_MUSTAKFI_MUHAMMAD_FIQEN_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505026106_MUSTAKFI_MUHAMMAD_FIQEN_Lengkap)
1505026106_MUSTAKFI MUHAMMAD FIQEN_LENGKAP TUGAS AKHIR - MUSTAKFI MUHAMMAD FIQEN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Produk Kain Tenun Ikat Troso Jepara merupakan warisan nusantara dalam bentuk kain yang diproduksi secara tradisional dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) yang awalnya digunakan sebagai pelengkap pakaian raja. Sejak itulah keterampilan membuat kain tenun Troso dimiliki oleh warga desa Troso dan diwariskan secara turun temurun. Dengan ditetapkannya Surat Keputusan Gubernur No. 025/219/1988, yang isinya adalah mewajibkan seluruh pegawai pemerintah dan jajarannya di lingkungan Provinsi Jawa Tengah untuk memakai produk tenun pada setiap hari tertentu menjadi langkah strategis pemerintah untuk meningkatkan dan mengembangkan produksi kain tenun troso di Jawa Tengah ini. Dalam perjalanannya Produk Kain Tenun Ikat Troso Jepara mengalami pasang surut dalam produksinya, beberapa faktor yang sering mempengaruhi itu diantaranya yaitu persepsi konsumen terhadap harga produk kain tenun troso yang relatif cukup mahal diantara produk sejenisnya, dan para pengrajin tenun troso yang masih belum memaksimalkan pemanfaatan media sosial dan e-commerce sebagai media untuk mempromosikan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi online terhadap minat beli produk kain tenun ikat troso jepara.
Proses penelitian ini adalah konsumen produk kain tenun ikat Troso Jepara dengan sampel sebanyak 100 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 26.0 . Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk kain tenun ikat Troso Jepara dikarenakan nilai thitung 6,194 lebih besar dari ttabel 1,986 (6,194 > 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk kain tenun ikat Troso Jepara dikarenakan thitung 4,322 lebih besar dari ttabel 1,986 (4,322 > 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Variabel Promosi Online berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk kain tenun ikat Troso Jepara dikarenakan thitung 2,971 lebih besar dari ttabel 1,986 (2,971 > 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004 lebih kecil daripada 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kain tenun ikat; Troso Jepara; Harga; Kualitas produk; Promosi online
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:07
Last Modified: 19 Feb 2022 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics