Hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat kunjung Perpustakaan UIN Walisongo Semarang

Putri, Amalia Priatna (2020) Hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat kunjung Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1507016035_AMALIA_PRIATNA_PUTRI] Text (SKRIPSI_1507016035_AMALIA_PRIATNA_PUTRI)
1507016035_Amalia Priatna_Skripsi Full Versi BookFold - Amalia Priatna(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan perpustakaan merupakan bagian vital dari perguruan tinggi karena sebagaimana fungsinya yakni sebagai pemasok informasi dalam bentuk fakta, data, berita maupun foto yang dapat menunjang aktivitas belajar. Pelayanan yang berkualitas, fasilitas serta kepuasan pengunjungnya haruslah diutamakan agar lebih bisa menarik minat mahasiswa agar mengunjungi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan kualitas pelayanan dengan minat kunjung, hubungan kepuasan pengunjung dengan minat kunjung, dan hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat kunjung. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif UIN Walisongo angkatan 2015-2019 yang berusia 19-24 tahun sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur penelitian menggunakan skala minat kunjung, skala kualitas pelayanan, dan skala kepuasan pengunjung. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi berganda dengan bantuan SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan minat kunjung dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01), terdapat hubungan positif antara kepuasan pengunjung dengan minat kunjung dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01), dan terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat kunjung nilai signifikansi 0,000 (p<0,01). Semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung, maka semakin tinggi pula minat kunjung perpustakaan pada mahasiswa. Sebaliknya, apabila tingkat kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung semakin rendah, maka semakin rendah pula minat kunjung perpustakaan pada mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Kepuasan pengunjung; Minat kunjung; Perpustakaan; Mahasiswa
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 26 Feb 2022 07:04
Last Modified: 26 Feb 2022 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics