Implikasi kepemimpinan situasional kepala sekolah pada efektifitas kinerja Tata Usaha (TU) di SMP Negeri 23 Kota Semarang

Chuluq, Burhanuddin Chusnul (2021) Implikasi kepemimpinan situasional kepala sekolah pada efektifitas kinerja Tata Usaha (TU) di SMP Negeri 23 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036011_BURHANUDDIN_CHUSNUL_CHULUQ] Text (SKRIPSI_1603036011_BURHANUDDIN_CHUSNUL_CHULUQ)
SKRIPSI_1603036011_BURHANUDDIN_CHUSNUL_CHULUQ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan cara atau keterampilan yang digunakan untuk memimpin suatu kelompok. Pemimpin adalah orang-orang yang diberi kewenangan atau kehendak untuk memimpin aktifitas dalam suatu kelompok. Dalam ranah dunia pendidikan pemimpin merujuk kepada seorang kepala sekolah, yang mana seorang kepala sekolah merupakan penggerak roda pendidikan di dalam sebuah lembaga pendidikan, peran kepemimpinan kepala sekolah sangat berarti bagi sekolahan tersebut, maju dan mundurnya kualitas sekolahan sangat erat kaitannya dengan cara, gaya, dan pendekatan kepemimpinan kepala sekolah, bagaimana kepala sekolah mengelola, memanaje bawahannya agar menghasilkan tatanan sesuai apa yang diaharapkan.
Problematika dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan kepemimpinan situasional kepala sekolah pada efektifitas kinerja staf TU di SMP Negeri 23 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan Staf TU. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat implikasi kepemimpinan situasional kepala sekolah pada efektifitas kinerja TU dilihat dari tipe kepemimpinan situasional yaitu pertama proses instruksi terjadi setiap harinya, dimana kepala sekolah memberikan briefing pagi yang dihadiri koordinator admin (kormin) TU. Kedua proses konsultasi antara TU dengan kepala sekolah juga terjadi, dimana staf TU telah mendapatkan hubungan yang selaras dan juga terjalin komunikasi dua arah. Ketiga proses partisipasi Partisipasi kepala sekolah pada efektifitas kinerja TU bisa dilihat ketika kepala sekolah terlibat dalam pekerjaan yang bersamaan dengan staf TU dan keempat proses delegasi kepala sekolah pada kinerja TU tidak memberikan pelatihan secara langsung untuk menunjang kinerja TU.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan situasional; Kepala sekolah; Kinerja pegawai; Tata Usaha
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Adnin Purnama Sari
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:05
Last Modified: 26 Mar 2022 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics