Manajemen humas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan di SMA Takhasus Plus Al-Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal

Alfiyah, Lia Datun (2021) Manajemen humas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan di SMA Takhasus Plus Al-Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036037_LIA_DATUN_ALFIYAH] Text (SKRIPSI_1603036037_LIA_DATUN_ALFIYAH)
1603036037_Lia Datun Alfiyah_Lengkap Tugas Akhir - 42 - Lia Datun Alfiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Humas dalam lembaga pendidikan merupakan salah satu komponen inti dan penting dari upaya mencapai tujuan lembaga pendidikan. Humas menjadi jembatan lembaga pendidikan dengan masyarakat, dituntut mampu menciptakan dan mengelola hubungan harmonis dengan masyarakat. Salah satunya ialah mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam proses penyelenggaraan pendidikan.
Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Manajemen Humas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan di SMA Takhasus Plus Al-Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi Manajemen Humas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan di SMA Takhasus Plus Al-Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal sebagai berikut Penyusunan Perencanaan meliputi menetapkan program/kegiatan, menetapkan sasaran/tindakan, menentukan pelaksana, serta menentukan waktu pelaksanaanya. Penyusunan perencanaan melibatkan masyarakat internal dan eksternal sekolah. Adapun dalam pelaksanaanya, dilaksanakan sesuai dengan jadwal program yang telah ditentukan. Memanfaatkan bantuan media untuk menginformasikan dan mengomunikasikan pada masyarakat internal dan eksternal sekolah. Adapun evaluasi dilaksanakan setelah program selesai dan keseluruhan program di akhir semester. Evaluasi di ikuti oleh kepala sekolah, waka humas, komite sekolah dan guru-guru.
Hasil penelitian ini memberikan saran agar kedepannya dapat meningkatkan kinerjanya. Salah satu yang dapat di lakukan ialah dengan membedakan Waka Humas SMP dan SMA Takhasus plus Al-Mardliyah hal ini supaya Waka Humas lebih fokus dan optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dan Humas mempunyai cara-cara strategis dalam upaya terus mengajak masyarakat dalam berpartisipasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas: Peran serta Masyarakat: Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Risalatul Muawanah
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:12
Last Modified: 26 Mar 2022 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics