Revitalisasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi : studi lapangan di MTs. Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang

Khairunnisa, Sakinah Hanun (2021) Revitalisasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi : studi lapangan di MTs. Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036081_KHAIRUNNISA_SAKINAH_HANUN] Text (SKRIPSI_1603036081_KHAIRUNNISA_SAKINAH_HANUN)
SKRIPSI_1603036081_KHAIRUNNISA_SAKINAH_HANUN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai revitalisasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi (Studi Lapangan M.Ts. Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang).Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh lembaga pendidikan yaitu madrasah, dimana pengelolaan perpustakaan yang ideal dapat berkontribusi terhadap penyelenggaraan pendidikan sehingga tujuan pendidikan seperti mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud. Mengingat keadaan pada zaman berkembang seperti saat ini atau dikenal dengan abad 21 memerlukan kebutuhan untuk pribadinya sehingga dapat menyesuaikan dirinya terhadap kehidupan dinamis tersebut, yakni kualitas karakter, literasi dasar, dan kompetensi. Sehingga diperlukan program-program dan rangkaian pengembangan diri dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya melalui pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) budaya literasi di MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang. 2) revitalisasi manajemen perpustakaan di MTs Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskripstif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang diperoleh, dikumpulkan dan kemudian dianalisis secara deskripstif dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Permasalahan manajemen perpustakaan yang terdapat di M.Ts. Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang sudah dapat diketahui yakni mencakup budaya literasi, komponen literasi dan kegiatan literasi yang masih minim karena masih dalam proses penggiatan untuk dapat meningkatkan minat baca seluruh siswa dan guru sehingga dapat membudayakan membaca atau budaya literasi. Selain minat baca, permasalahan manajemen perpustakaan yaitu sumber daya perpustakaan seperti pengaturan sarana prasarana yang belum teratur dengan baik.(2) Revitalisasi Manajemen Perpustakaan cukup dapat meningkatkan budaya literasi di M.Ts. Fatahillah Bringin Ngaliyan Semarang melalui tahapan manajemen yakni revitalisasi perencanaan, revitalisasi pengorganisasian, revitalisasi penggerakan dan revitalisasi pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen perpustakaan; Literasi; Budaya literasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 19 Mar 2022 07:38
Last Modified: 19 Mar 2022 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15553

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics