Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan budaya madrasah di MA NU 04 Al Ma’arif Boja

Cahyaning, Herlin Bogi Nur (2020) Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan budaya madrasah di MA NU 04 Al Ma’arif Boja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036094_HERLIN BOGI NUR CAHYANING] Text (SKRIPSI_1603036094_HERLIN BOGI NUR CAHYANING)
SKRIPSI_1603036094_HERLIN BOGI NUR CAHYANING.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Budaya Madrasah di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Budaya Madrasah di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja, (2) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Madrasah Di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Budaya Madrasah di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja adalah sebagai nilai-nilai dominan yang didukung oleh madrasah terhadap semua komponen madrasah yang mengacu pada sistem nilai dan norma-norma yang telah diterima secara bersama, yang dibentuk oleh suatu lingkungan yang menciptakan pemahaman yang sama terhadap semua warga madrasah, baik itu kepala madrasah, staf madrasah, guru, dan siswa. (2) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Madrasah di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja Kepemimpinan kepala madrasah merupakan faktor yang menjadi kunci pendorong keberhasilan dan keberlangsungan suatu budaya madrasah. Hal itu harus didukung dengan penampilan kepala madrasah. Penampilan kepala madrasah ditentukan oleh faktor kewibawaan, sifat, dan keterampilan, perilaku maupun fleksibilitas kepala madrasah. Agar fungsi kepemimpinan kepala madrasah berhasil memerdayakan segala sumber daya madrasah terutama dalam hal mengembangkan budaya madrasah untuk mencapai tujuan sesuai dengan situasi, diperlukan seorang kepala madrasah yang memiliki kemampuan profesional yaitu: kepribadian, keahlian dasar, pengalaman, pelatihan dan pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya madrasah; Kepemimpinan; Kepala madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nadiyatul Muna
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:45
Last Modified: 26 Mar 2022 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15561

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics