Studi komparasi hasil belajar materi pokok sistem pernafasan pada manusia yang disampaikan melalui picture to picture dan index card match siswa kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Tahunan Jepara

Zulaikhah, Zulaikhah (2013) Studi komparasi hasil belajar materi pokok sistem pernafasan pada manusia yang disampaikan melalui picture to picture dan index card match siswa kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Tahunan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 063811021_Coverdll.pdf]
Preview
Text
063811021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 063811021_Bab1.pdf]
Preview
Text
063811021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 063811021_Bab2.pdf]
Preview
Text
063811021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 063811021_Bab3.pdf]
Preview
Text
063811021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 063811021_Bab4.pdf]
Preview
Text
063811021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 063811021_Bab5.pdf]
Preview
Text
063811021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 063811021_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063811021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi antara menggunakan metode Picture to Picture dan metode Index Card Match dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem pernafasan pada manusia kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Tahunan Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis komparasional dengan desain “Posttest-Only Control Design.. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Jepara tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 55 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelompok Eksperimen 1 (Picture to Picture ) dari kelas VIII A sebanyak 28 siswa dan kelompok eksperimen 2 (Index Card Match ) dari kelas VIII B sebanyak 27 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan metode pembelajaran Picture to Picture dan metode pembelajaran Index Card Match sebagai variabel bebas dan hasil belajar biologi materi pokok sistem pernafasan pada manusia kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Tahunan Jepara sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Analisis data meliputi analisis tahap awal: uji Normalitas, Homogenitas dan analisis instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda) dan analisis akhir meliputi uji normalitas akhir, uji homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata.
Hasil Penelitian ini menunujukkan bahwa rata-rata hasil belajar Biologi pada materi pokok sistem pernafasan pada manusia pada siswa kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Tahunan Jepara dengan metode pembelajaran Picture to Picture adalah sebesar 78,75 sedangkan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan metode Index Card Match sebesar 80,93. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan thitung sebesar -1,094. Setelah thitung dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk= (n1+n2 -2 )= 53 dan taraf signifikan (α) 5%= 1,680, diketahui bahwa thitung kurang dari ttabel maka dapat dismpulkan bahwa rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berbeda secara signifikan. Selain itu rata-rata hasil belajar dengan metode pembelajaran Index Card Match lebih besar dibanding rata-rata hasil belajar dengan metode pembelajaran Picture to Picture. Dengan demikian dapat dikatakan metode pembelajaran Index Card Match lebih baik apabila dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan metode pembelajaran Picture to Picture pada mata pelajaran biologi materi pokok sistem pernafasan pada manusia pada siswa kelas VIII MTs Tsamrotul Huda Tahunan Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pernafasan Manusia; Media Pembelajaran; Picture to Picture; Index Card Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Feb 2014 08:42
Last Modified: 22 May 2021 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics