Kepemimpinan kepala madrasah berbasis kearifan lokal di MA Tajul Ulum Brabo, Tanggungharjo, Grobogan

Ula, Adib Azkatul (2020) Kepemimpinan kepala madrasah berbasis kearifan lokal di MA Tajul Ulum Brabo, Tanggungharjo, Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keber hasilan Kepemimpinan kepala madrasah berbasis kearifan lokal diharapkan akan memberikan pengaruh terhadap kulitas madrasah dengan adanya kearifan lokal, diharapkan akan turut membantu perkembangan madrasah. Kepemimpinan dalam kearifan lokal atau budaya sekolah biasanya menjurus pada kepemimpian pendidikan, sedangkan kepemimpinan pendidikan itu sendiri adalah segenap kegiatan dalam usaha mempengaruhi personal dilingkungan pendidikan pada situasi tertentu agar mereka melakukan kerja sama dan mau berkerja dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas demi tercapainya suatu tujuan pendidikan yang diharapkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan reduksi data, display data kemudian conclusing drawing atau pengambilan kesimpulan. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Kearifan lokal di MA Tajul Ulum Brabo adalah Madrasah Aliyah brabo memiliki kearifan lokal yang kelasik dimana kegiantain masih berhubungan erat dengan pondok pesanteran. (2) Hasil Kepemimpinan kepala madrasah MA Tajul Ulum Brabo dalam mengembangkan kearifan lokal Islam kebijakan kepala madrsah juga bersinambungan dengan nasihan para sesepuh yang ada di yayasan tajul ulum (kepala madrasah menjadi uswah hasanah bagi para anggota, senang menerima saran, masukan dari bawahan, memberikan motivasi serta tegas dalam memimpin).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala madrasah; Kearifan lokal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 26 Mar 2022 03:16
Last Modified: 20 Apr 2022 05:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics