Materi pendidikan bagi anak menurut al-Qur’an surat Luqman ayat 17
Basith, Abdul (2013) Materi pendidikan bagi anak menurut al-Qur’an surat Luqman ayat 17. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111115_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (316kB) | Preview
073111115_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (119kB) | Preview
073111115_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
073111115_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (117kB) | Preview
073111115_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (115kB) | Preview
073111115_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
073111115_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (30kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas kandungan yang ada dalam Qs. Luqman ayat 17. Permasalahan tersebut dibahas melalui metode library research dengan mencari data-data yang relevan dengan pembahasan. Data yang dimaksudkan adalah data yang bersifat primer maupun sekunder. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasal dari Al Qur’an, tepatnya pada QS. Luqman ayat 17.
Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data sekunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan skripsi ini.
Kajian ini menunjukkan bahwa dalam QS. Luqman 17 terdapat nilai-nilai pendidikan yang harus ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya. Nilai-nilai tersebut meliputi : (1) S}alat merupakan suatu amal perbuatan (ibadah) yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam yang terdiri dari perkataan-perkataan dan perbuatan dengan syarat-syarat dan rukun-rukun yang telah ditentukan. mengerjakan S}alat, S}alat selain sebagai perwujudan ketaatan seorang hamba, s}alat memiliki dampak positif bagi siapa saja yang mau menjalankannya. Diantaranya S}alat yang dikerjakan dengan baik dan benar, dapat membersihkan berbagai dosa yang ada pada diri manusia, dan menjadikan mereka mendapatkan ampunan dari Allah SWT. (2) Amar ma‘ruf (menyuruh berbuat kebajikan) dan nahi munkar (melarang yang munkar) adalah garis lurus yang terbesar dalam agama, yaitu hal yang penting di mana Allah mengutus nabi-nabi semuanya untuk beramarma‘ruf nahi munkar. (3) Sabar adalah salah satu dari sikap terpuji. Rasulullah merupakan teladan yang nyata dalam hidup dengan berprinsip sabar. Tetapi tidak banyak orang yang mau mengamalkannya. Mungkin menganggap bahwa sabar adalah hal yang ringan, padahal kurang sabar dalam melakukan sesuatu bisa fatal akibatnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak; Pendidikan dalam al-Qur’an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 07:54 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 07:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year