Pemetaan mutu standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMP N 1 Keling Jepara

Kusmaratu, Annafi (2020) Pemetaan mutu standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMP N 1 Keling Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603036078_ANNAFI_KUSMARATU] Text (SKRIPSI_1603036078_ANNAFI_KUSMARATU)
1603036078_Annafi Kusmaratu_Lengkap Tugas Akhir - annafi kusmaratu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mutu pendidikan SMP Negri di jepara masih perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satunya adalah SMP N 1 Keling Jepara. Pelaksanaan pemetaan mutu ini disusun bertujuan untuk memberikan gambaran tentang data capaian atau pemenuhan SNP dan sasarannya adalah warga satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemetaan mutu standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMP N 1 Keling Jepara. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : 1) bagaimana mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan instrumen pemetaan mutu di SMP N 1 Keling Jepara? 2) bagaimana cara meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMP N 1 Keling Jepara?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan (field research) , dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rapor mutu sebagai hasil pemetaan mutu menunjukkan ada kemajuan nilai dari tahun sebelumnya, hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan guru serta kualifikasi guru yang hampir mencapai SNP Kemajuan standar juga terjadi pada standar kepala sekolah dimana kepala sekolah sudah memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan sebagai kepala sekolah profesional, ada juga standar tenaga administrasi yang harus memiliki tenaga administrasi yang berkualifikasi sesuai namun sayangnya masih banyak data yang tidak terbaca oleh aplikasi dapodik yang menjadikan nilai rapor standar pendidik dan tenaga kependidikan tidak memiliki nilai. Selesai meanalisis pencapaian mutu akan dilanjutkan dengan upaya kepala sekolah dalam membina tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lewat program yang di buat agar semakin berkualitas dengan mengadakan kegiatan pelatihan, diklat, MGMP dan IHT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemetaan mutu; Pendidik; Tenaga kependidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Adnin Purnama Sari
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:38
Last Modified: 06 Apr 2022 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics